Rabu, 16 Mei 2012

Tanya Jawab Hukum Lingkungan



1. Pengertian Ekosistem, ekologi, dan lingkungan social (sosiosistem)


-Ekosistem adalah suatu unit ekologi yang di dalamnya terdapat hubungan antara struktur dan fungsi. 
-Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. 
-Lingkungan sosial (sosiosistem) adalah lingkungan yang di dalamnya manusia berinteraksi dengan sesamanya baik berdasarkan polahubungan struktural maupun   fungsional



2.      Perbedaan Ekosistem dan Lingkungan Hidup
a.       Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.
b.      Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

disitu bisa ditarik kesimpulan bahwa ekosistem merupakan bagian dari lingkungan, sedangkan lingkungan adalah skala umum dari ekosistem., selain itu juga ekosistem bisa diklasifikasikan lagi seperti halnya ekosistem darat, ekosistem laut, ekosistem air tawar, nah lingkungan adalah rantai teratasnya jadi ekosistem merupakan bagian dari lingkungan hidup


3.      Pengertian Lingkungan Hidup dan ekosistem menurut UU No. 32 tahun 2009
a.       Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda , daya, keadaan dan mahluk hidup, termasuk manusia dan prilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan penghidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.
b.      Ekosistem adalah tatanam unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh  dan saling mempengaruhi dalam membetuk keseimbangan, stbilitas dan prioduktivitas lingkungan hidup.

HUKUM LINGKUNGAN (  Tugas ke-2)

1.      Tuliskan perbedaan daya dukung dan daya tampung dan jelaskan perbedaannya serta contoh masing-masing?
Jawab :
a.       Daya Dukung adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung penghidupan manusia, mahluk hidup lain dan keseimbangan antara keduanya.
b.      Daya Tampung adalah Kemampuan lingkungan hidup utnuk menyerap zat , energi, dan atau komponen lain yang masuk atau dimasukkan kedalamnya.
c.       Perbedaan daya dukung dan daya tampung :
daya dukung kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung penghidupan manusia sedangkan daya tampung adalah Kemampuan lingkungan hidup utnuk menyerap zat , energi, dan atau komponen lain.
Contohnya : Perusakan lingkungan hidup dan Pencemaran Lingkungan hidup.

2.      Tuliskan perbedaan antara sadar lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan hidup?
Jawab :
a.       Sadar Lingkungan Hidup adalah pengertian yang mendalam pad setiap orang utnuk, mendukung, menjaga, memelihara, melestarikan, dan mengembangkan lingkungan hidup, sedangkan
b.      Kesadaran Lingkungan Hidup adalah Kesadaran Untuk menggalakkan sikap dan pengertian orang lain, kelompok orang atau masryarakat terhadap pentingnya lingkungan hidup.

3.      Tuliskan kaitan daya dukung dan daya tampung dengan kesadaran lingkungan hidup?
Jawab :

Pada dasarnya kesadaran lingkungan hidup sangat penting untuk digalakkan kepada orang lain, kelompok orang atau  masyarakat. Dengan cara mengajak meraka menjaga alam dan memberikan penjelasan tau penyuluhan bahwa betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Dengan adanya kesadaran lingkungan hidup, diharapkan masyarakat mampu  mempertahankan daya dukung dan daya tampung atau mencegah perusakan dan pencemaran lingkungan hidup .



HUKUM LINGKUNGAN (  Tugas ke-3 )

1.      Tuliskan Ketentuan Ayat /dalam beberapa kitab suci suatu agama mengenai lingkungan hidup dan bagaimana kedudukan manusia terhadap lungkungan hidupmmenurut beberapa kitab suci yang dimaksud?
Jawaban :
a.       Dalam Al Quran Surah Al –An’am : 165, difirmankan “ Manusia adalah halifah di muka bumi . ayat ini menjelaskan kedudukan dimuka bumi, sedangkan
b.      Dalam surah Ar Rum : 41 difirmankan dan jangan kamu berbuat kerusakan di bumi, ayat ini menjelaskan agar manusia  senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup dan tidak merusaknya.

2.      Tuliskan perbedaan antara sadar lingkungan hidup dan kesadaran lingkungan hidup, kemukakan pula pendapat Koesnadi Hardjasoemantri Mengengai kesadaran Lingkungan?
Jawab :
c.       Sadar Lingkungan Hidup adalah pengertian yang mendalam pad setiap orang utnuk, mendukung, menjaga, memelihara, melestarikan, dan mengembangkan lingkungan hidup, sedangkan
d.      Kesadaran Lingkungan Hidup adalah Kesadaran Untuk menggalakkan sikap dan pengertian orang lain, kelompok orang atau masryarakat terhadap pentingnya lingkungan hidup.
e.       pendapat Koesnadi Hardjasoemantri Mengengai kesadaran Lingkungan adalah

3.      Tuliskan 5 faktor yang dapat menyebabkan timbulnya maslah lingkungan hidup?
Jawab :
a.       Faktor Manusia
b.      Faktor Kebutuhan
c.       Fakor Keinginan
d.      Faktor Kebijakan Pengelolaan
e.       Faktor Alam

4.      Tuliskan Pemahaman saudra mengenai daya dukung dan daya tampung dalam kaitannya dengan dampak lingkungan hidup?
Jawab :
Pada dasarnya Kesadaran lingkungan hidup sangat penting untuk digalakkan kepada orang lain, kelompok atau masyarakat dengan cara mengajak mereka menjaga alam. Dengan adanya kesadaran lingkungan hidup, diharapkan masyarakat mampu mepertahankan daya dukun dan daya tampung lingkungan hidup atau mencegah perusakan dan pencemaran lingkungan hidup.

5.      Tuliskan dan jelaskan 2 sikap manusia terhadap lingkungan hidup ?
Jawab :
a.      Sikap Antroposentris
Memandang bahwa manusia seolah-olah berada diluar lingkungan hidup, lingkungan hidup dipandang sebagai lawan yang harus ditahlukkan dan dikuasai. Kemampuan akal manusia digunakan dan dikembangkan melalui penciptaan teknologi untuk mengekploitasi lingkungan hidup demi memenuhi segala kebutuhannya.
b.      Sikap Eksosentris
Memandang manusia dan lingkungan hidup merupakan unsur yang tidak terpisahkan, manusia mempengaruhi lingkungan hidup, demikian pula sebaiknya. Akal budi manusia dikembangkan untuk menyikapi lingkungan hidup dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar